Saturday 14 November 2015

Pembahasan Soal Paket Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 44-48

Pembahasan Soal Paket Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 44-48

Tugas 1
Memproduksi Teks Eksplanasi

1)      Kalian bisa memulainya dengan membuat struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi pernyataan umum^urutan sebab-akibat. Untuk memudahkan pekerjaan kalian, berikut ini disajikan diagram yang masih rumpang. Bagian pernyataan umum sudah diisi. Lengkapilah tabel peristiwa yang belum diisi.

No
Struktur
Ide Pokok/Gagasan
1.
Pernyataan Umum
Banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar atau disebut juga dengan air bah.
2.
Urutan sebab-akibat (penyebab banjir bandang)
Penyebab banjir bandang yang terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi atau pasang  surut air laut, gundulnya hutan didaerah hulu yang menyebabkan kurangnya tempat resapan, dan pembuangan sampah mengakibatkan sungai tidak berfungsi dengan baik.
3.
Urutan sebab-akibat (akibat yang ditimbulkan oleh banjir bandang)
Banjir bandang dapat merusak sarana dan prasanan yang tersedia dan juga dapat  mengakibatkan korban jiwa.
4.
Urutan sebab-akibat (contoh banjir bandang yang pernah melanda
tanah air)
Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat yang disebabkan oleh meluapnya sungai Topoyo mengakibatkan tiga orang tewas. 




2)      Setelah mengisi bagian yang rumpang pada soal nomor (1), kalian bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut.

Banjir Bandang
Banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar atau disebut juga dengan air bah. Penyebab terjadinya banjir bandang

Penyebab terjadinya banjir bandang Curah hujan yang relatif tinggi dan terus menerus  menyebabkan sungai tidak dapat menampung volume air  yang dapat melampaui kapasitas sungai. Banjir bandang juga bisa disebabkan oleh pasang surut air laut. Air laut yang semula surut tiba – tiba pasang, sehingga air laut sampai kepemukiman masyarakat sekitar. Hal tersebut bisa mengakibatkan banjir bandang.
Penyebab terjadinya banjir bandan salah satunya adalah karena hutan yang gundul hasil dari penebangan hutan didaerah hulu sehingga mengurangi daerah resap air. Air hujan yang turun tidak bisa diserap dihulu, sehingga air hujan langsung turun kehilir. Apabila terjadi hujan deras maka debit air bertambah dan bisa mengakibatkan banjir bandang.

Pembuangan sampah sembarangan mengakibatkan sungai tidak berfungsi dengan baik. Masyarakat sering mengabaikan fungsi sungai. Sungai dialih fungsikan oleh sebagian masyarakat menjadi tempat sampah yang gratis tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan. Sampah yang dibuang kesungai mengakibatkan terganggunya aliran air. Ketika terjadi hujan deras turun di daerah hulu dan langsung turun tidak akan mengalir dengan lancar. Aliran air yang tertahan akan mengakibatkan banjir bandang.

Banjir bandang menciptakan berbagai macam persoalan. Banjir bandang merusak berbagai fasilitas maupun sarana dan prasarana, termasuk rumah warga. Aliran air yang sangat deras dari hulu dengan membawa berbagai macam material menghantam pemukiman warga. Hal tersebut menakibatkan rusaknya rumah warga serta sarana dan prasarana yang tersedia.

Banjir bandang dapat memakan korban jiwa. Warga yang sedang beristirahat, bersantai, berkumpul dengan keluarga tidak memikirkan sesuatu yang buruk akan terjadi. Warga yang sedang sibuk dengan aktivitasnya masing – masing tidak tahu akan datangnya banjir bandang mengakibatkan mereka tidak bisa menyelamatkan diri. Orang – orang yang tidak sempat menyelamatkan diri terbawa arus banjir bandang. Ketika Oran yang terbawa arus ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Kasus banjir bandang yang baru – baru ini terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat yang disebabkan oleh meluapnya sungai Topoyo mengakibatkan ribuan rumah di tiga desa, di Kecamatan Topoyo terisolir dan dalam bencana banjir bandang ini menyebabkan tiga orang penduduk  tewas terseret arus banjir. 

Banjir bandang tidak bisa dianggap sebagai satu persoalan tunggal, tetapi sesuatu yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang secara berantai mengundang banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir agar dampak negatif bencana alam yang satu ini dapat diminimalisasi.



Tugas 3
Mengabstraksi Teks Eksplanasi

2)      Buatlah abstraksi (ringkasan) teks “ Faktor Penyebab Perubahan Sosial” itu.
Perubahan Sosial yang terjadi pada masyarakat merupakan perubahan dalam struktur masyarakat dan berdampak pada berubahnya sistem sosial masyarakat seperti nilai, norma dan sikap perilaku, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.
1.      Faktor-faktor Internal Faktor-faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat.
a.      Jumlah Penduduk Jumlah penduduk menentukan cepat atau lambatnya perubahan sosial yang terjadi.
b.      Penemuan-Penemuan Baru (Inovasi) Penemuan-penemuan baru dapat mendorong perubahan sosial dalam masyarakat.
c.       Konflik dalam Masyarakat Pertentangan atau konflik dalam masyarakat juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial.
d.      Revolusi merupakan perubahan secara cepat yang terjadi karena adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem pemerintahan yang ada.
2.      Faktor-faktor Eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat
a.      Kondisi alam yang berubah atau bencana alam mengakibatkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut terpaksa berpindah untuk mencari tempat yang lebih aman.
b.      Peperangan dalam hal ini berarti pertikaian antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain di luar batas-batas negara.
c.       Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain Interaksi antar masyarakat membawa pengaruh dalam pola perilaku.

Load comments