Monday 18 September 2017

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 35-36

(2)  Setelah kalian selesai mengisi bagian yang rumpang pada soal nomor (2), tugas kalian sekarang adalah menuliskan hasil pekerjaan nomor (2) tersebut ke dalam kolom berikut.


Struktur Teks
Kalimat
Pernyataan Umum
Ratusan warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur antre dalam pembagian air minum yang diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Rabu (26/9/2012) siang. Warga di desa tersebut sudah sejak Juli lalu mengalami kekeringan dan krisis air bersih.
Urutan Sebab Akibat
Pihak PMI Kabupaten Malang memberikan bantuan air minum secara langsung dengan mendatangi warga setempat. Saat tangki air dari PMI tiba di rumah seorang warga, tanpa disuruh, ratusan warga langsung menyerbu tangki air dengan membawa jerigen.
Urutan Sebab Akibat
krisis air di Desa Wonorejo sudah berlangsung sejak Juli lalu. "Setelah mengajukan bantuan air minum ke Kabupaten Malang, baru sekarang terpenuhi,
Urutan Sebab Akibat
Selain tandong yang sudah kosong, sumur milik warga juga kering. "Ada sebagian yang tidak kering. Tapi satu sumur hanya berdebit 2,5 liter. "Selama ini sumur itu yang dipakai sekitar 350 KK, dengan cara bergiliran dalam dua hari sekali,
(4)  Tulislah kalimat yang mengandung unsur sebab-akibat yang terdapat dalam teks yang telah kalian kerjakan pada soal nomor (3) tersebut.(4)  Tulislah kalimat yang mengandung unsur sebab-akibat yang terdapat dalam teks yang telah kalian kerjakan pada soal nomor (3) tersebut.

·         Pihak PMI Kabupaten Malang memberikan bantuan air minum secara langsung dengan mendatangi warga setempat. Saat tangki air dari PMI tiba di rumah seorang warga, tanpa disuruh, ratusan warga langsung menyerbu tangki air dengan membawa jerigen.
(5)  Perhatikan bagan berikut ini secara saksama. Amatilah bagian yang rumpang, lalu isilah dengan memberikan konjungsi sebab-akibat yang tepat. Kalian bisa menggunakan pilihan konjungsi berikut.
sebab                          tetapi  
karena                        akibat
mengakibatkan                       sementara itu 
sehingga                      meskipun

Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau. Hal ini AKIBAT karena semakin minimnya jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur atau tempat penampungan air SEHINGGA jumlah kebutuhan air bersih semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berebut air tidak hanya terjadi pada air bersih TETAPI  juga pada air untuk kebutuhan pengairan di lahan pertanian. Kekeringan MENGAKIBATKAN musim kemarau melanda sejumlah daerah dan memicu berebut aliran air antar petani. Berebut air terjadi  AKIBAT debit air irigasi induk yang mengaliri sejumlah persawahan berkurang, sementara air sungai mulai menyusut. AKIBAT menyusutnya air sungai, petani harus berebut air di hulu sungai dengan cara menutup dan membuka aliran anak sungai yang melintasi areal pertanian. Mereka meronda dan berjaga di pintu pembagi untuk memastikan air sampai ke petak sawah masing-masing. Beberapa petani terpaksa menanam tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan pasokan air. Bahkan, ada petani yang memilih melakukan panen lebih awal guna mengantisipasi musim kemarau MESKIPUN padi belum waktunya dipanen. Air yang tak sampai ke persawahan MENGAKIBATKAN tanaman padi terhambat pertumbuhannya. Proses pengisian bulir di petak-petak yang kering menjadi tidak maksimal.

Load comments